Thursday, October 6, 2011

Tips Penyimpanan Daging Segar


Oleh: Priyono, S.Pt, M.Si

Daging merupakan sumber protein hewani dengan kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh selain membutuhkan asam amino non esensial juga membutuhkan asam amino esensial. Protein hewani umumnya terdiri dari protein-protein esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, kita memerlukan asupan daging sebagai pemenuh kebutuhan zat gizi tubuh kita.

Saat ini daging sangat mudah diperoleh, mulai dari pasar tradisional maupun di hypermarket yang sudah dikemas sedemikian rupa. Harga dagingpun macam-macam tergantung dari jenis ternaknya. Daging yang umumnya dijual dan dikonsumsi masyarakat yaitu daging ayam dan daging sapi. Kedua jenis daging ini mendominasi dan mudah kita jumpai dipasar untuk diperjualbelikan.

Daging dengan kandungan asam amino yang lengkap ternyata memang harus ditangani dengan baik, mengapa?. Daging merupakan media terbaik bagi mikroorganisme patogen yang dapat merusak daging serta menyebabkan pembusukan pada daging. Oleh karena itu, kita dituntut harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam penyimpanan dan pengolahan daging. Kemudian apa yang harus kita lakukan ketika kita sudah membeli daging?. Berikut ada beberapa tips penyimpanan daging yang dapat dijadikan tambahan pengetahuan bagi anda.

Tips-tips penyimpanan daging yaitu sebagai berikut:
  1. Jika anda membeli daging segar, usahakan segera cepat-cepat pulang ke rumah dan usahakan daging berada di suhu ruang (sekitar 25 derajat C) lebih dari 2 jam. Pada suhu ruang bakteri dan mikroba pembusuk akan berkembang lebih cepat dibandingkan dengan daging yang disimpan pada suhu dingin/beku,
  2. Setelah sampai dirumah, segera masak daging tersebut. Jika anda akan memasak untuk besok, daging yang telah dibeli dipotong-potong. Jika anda membeli daging utuh, jangan lupa pisahkan dengan jeroannya.
  3. Simpan daging yang telah dicuci dan dipotong-potong diwadah tertutup yang kedap udara dan simpan di freezer. Usahakan maksimal 2 hari, daging yang ada difreezer segera diolah. Tips: Membeli daging sebaiknya sedikit-sedikit saja, yang penting bisa langsung terolah. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan membeli daging dalam jumlah banyak untuk disimpan di dalam freezer,
  4. Jika anda akan mengolah daging beku dari freezer, cairkan terlebih dahulu dengan wadah air atau bisa juga dimasukkan di cooler pada lemari pendingin. Tips: Daging yang disimpan di freezer bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan daging yang disimpan di cooler.
Beberapa hal yang bisa dijadikan tambahan pengetahuan mengenai penyimpanan daging, diantaranya yaitu:
  • Usahakan jika akan menyimpan daging mentah, simpan di freezer pada suhu minus 1-5 derajat C,
  • Daging yang akan disimpan harus bersih dan disimpan pada wadah kedap udara,
  • Jangan campur daging yang sudah dimasak dengan daging yang mentah,
  • Simpan daging pada freezer lapisan paling bawah dan usahakan jangan ditumpuk, buat satu lapisan saja,
  • Jika daging kotor atau terjatuh, usahakan dipotong saja bagian yang kotor tersebut,
Beberapa poin di atas merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan daging. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua (06/10/2011).

Sumber gambar: Klik Link

Comments :

0 comments to “Tips Penyimpanan Daging Segar”

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN