Saturday, October 29, 2011

Menggali Makna Peringatan Sumpah Pemuda

Kemarin, tepatnya tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Setiap tahun kita memperingatinya. Mulai dari jajaran pemerintah, staf pendidik, siswa/siswi, pramuka dan unsur pemuda secara berbondong-bondong mengikuti upacara untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober tiap tahunnya.

Anda masih ingat dan hapal isi sumpah pemuda. Barangkali, guru-guru kita semenjak kita sekolah di SD sudah mengajarkan isi sumpah pemuda. Berikut Isi Sumpah Pemuda:

Sumpah Pemuda versi orisinal:

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:

Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Semoga anda semua masih mengingat dan menghapal isi dari sumpah pemuda ini.

Sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan moment lahirnya bangsa Indonesia. Berdasarkan slemankab.go.id, dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga bahwa setiap tahun kita memperingati Hari Sumpah Pemuda dan pada tahun ini kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-83. Hari ini kita kembali merefleksikan tentang tekad para pemuda untuk mewujudkan satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa.

Jangan sampai kita memperingati Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini hanya rutinitas, sehingga kehilangan makna. Kita harus memaknai kembali sesuai dengan semangat sekarang tanpa kehilangan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda itu sendiri. Itulah sebabnya, kita harus melakukan refleksi ke belakang, sekaligus kita harus mengantisipasi ke depan sejarah perjalanan bangsa dalam menghadapi tantangan baru dengan semangat nilai-nilai Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Berbekal dari intisari makna peringatan sumpah pemuda tersebut, diharapkan kita tidak hanya terjebak dalam rutinitas semata tapi dapat menjiwai nilai-nilai sumpah pemuda yang merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu.

Mari kita semua pemuda untuk bersama-sama mengembangkan sumber daya lokal kita, salah satunya pada bidang peternakan. Jangan ragu untuk menggeluti bidang peternakan, karena banyak sekali peluang yang ada dari bidang peternakan ini. Sebagai pemuda yang menjiwai nilai-nilai sumpah pemuda, mari kita ikut menyumbang karya kita melalui bidang peternakan. (Oleh Priyono, S.Pt, M.Si, CEO ILMU PETERNAKAN DOT COM, Menerima konsultasi dan pelatihan bidang peternakan).

Ref:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda
http://www.slemankab.go.id/2768/upacara-peringatan-hari-sumpah-pemuda-pemuda-sleman-berpakaian-adat-daerah.slm

Gambar diambil dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

Comments :

0 comments to “Menggali Makna Peringatan Sumpah Pemuda”

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN