Wednesday, October 26, 2011

Karakteristik dan Prinsip-prinsip Koperasi

Bagi anda, kemungkinan besar sudah tidak asing lagi dengan istilah Koperasi. Banyak kita jumpai banyak koperasi mulai dari daerah perkotaan sampai dengan di wilayah pedesaan. Negara kita pun memiliki Kementrian Koperasi dan UKM, jadi memang koperasi ini memiliki tempat tersendiri di negara kita. Kemudian yang jadi pertanyaan kita, apakah bedanya antara koperasi dengan perusahaan yang umumnya kita kenal saat ini. Anda pasti sudah mengetahuinya bukan?.

Seperti kita ketahui bersama bahwa koperasi merupakan perkumpulan dari orang-orang yang secara sukarela bersatu padu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Adapun koperasi ini dimiliki oleh bersama dan dikendalikan secara demokratis. Dari sini, pasti sudah dapat kita pahami bagaimana perbedaan antara koperasi dengan perusahaan seperti Perseroan Terbatas ataupun CV yang memang berorientasi pada keuntungan atau profit.

Secara definisi koperasi adalah perkumpulan yang otonom dari orang-orang yag bergabung secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi, sosial dan budaya mereka yang sama melalaui perusahaan yang dimiliki bersama dan diawasi secara demokratis. Berdasarkan definisi ini, dapat kita tangkap mengenai karakteristik koperasi secara umum.

Adapun prinsip-prinsip koperasi yaitu:
  1. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  2. Pengendalian oleh anggota-anggota secara demokratis
  3. Partisipasi ekonomi anggota
  4. Otonomi dan kebebasan
  5. Pendidikan, pelatihan dan informasi
  6. Kerjasama diantara koperasi-koperasi
  7. Kepedulian terhadap komunitas
Beberapa hal diatas merupakan ulasan mengenai gambaran kecil mengenai koperasi beserta prinsip-prinsip koperasi. Semoga bermanfaat. (Oleh Priyono, S.Pt, M.Si, CEO ILMU PETERNAKAN DOT COM, Menerima konsultasi dan pelatihan bidang peternakan)
Gambar diambil dari: http://kisaranku.blogspot.com/2010/11/koperasi-indonesia.html

Comments :

0 comments to “Karakteristik dan Prinsip-prinsip Koperasi”

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN