Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

Tuesday, August 23, 2011

Langkah-langkah Awal Penelitian Survai


Bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir tentu harus melalui sebuah proses penelitian sebagai bahan penyusunan laporan tugas akhir. Laporan penelitian tersebut dianalisa, dikaji dan dibahas dengan menggunakan studi pembanding baik itu jurnal penelitian, buku-buku ilmiah, atau penelitian-penelitian yang terdahulu. Penelitian bukan merupakan hal yang main-main, melainkan harus dilakukan secara serius, karena sebagai pembelajaran bagi mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya.

Jenis penelitian menurut metodenya beragam sekali, diantaranya penelitian survei, penelitian Ex Post Facto, penelitian eksperimental, policy research, action research, penelitian evaluasi dan penelitian sejarah. Dalam bidang peternakan, penelitian yang digunakan umumnya menggunakan penelitian eksperimental untuk penelitian bidang produksi ternak dan nutrisi pakan ternak, dan penelitian survai untuk penelitian bidang sosial ekonomi peternakan.

Pada kesempatan ini, akan sedikit diulas mengenai penelitian survei. Penelitian survai merupakan teknik pengumpulan informasi dengan cara menyiapkan dan menyusun daftar-daftar pertanyaan untuk diajukan kepada responden. Dalam pelaksanaannya, peneliti melakukan kajian terhadap karakteristik atau hubungan sebab akibat antar variabel yang akan diteliti. Disamping itu, dalam penelitian survai harus dihindari intervensi dari peneliti itu sendiri.

Sebelum melakukan penelitian tentu harus dipersiapkan secara matang. Perlu langkah-langkah yang tepat untuk bisa menyelesaikan sebuah rancangan penelitian secara tepat. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu tentukanlah hipotesis awal. Hipotesis ini merupakan kesimpulan sementara hasil penelitian yang harus diuji kebenarannya melalui proses penelitian dan uji stastistik. Dalam penyusunan hipotesis ini, peneliti harus sudah memiliki rancangan apakah pengambilan data akan dilakukan dengan wawancara, melalui surat/email, atau menggunakan telepon.

Selanjutnya peneliti mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan untuk responden, menentukan kategori responden dan melakukan setting penelitian. Langkah berikutnya adalah tentukan cara untuk koleksi data, dan pengujian instrumen penelitian supaya valid dan reliabel. Menentukan target populasi yang akan disurvei merupakan langkah selanjutnya. Setelah target populasi ditentukan, kemudian tentukan kerangka sampel, besarnya sampel dan sampel yang akan dipilih.

Pengambilan sampel diperlukan jika populasi yang diambil jumlahnya sangat besar dan peneliti merasakan keterbatasan waktu, biaya dan tenaga. Jika jumlah populasinya sedikit, sebaiknya gunakan metode sensus supaya lebih akurat. Setelah semuanya sudah siap, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan lokasi responden, melakukan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan dala bentuk kuesioner dan melakukan pengumpulan/koleksi data. Setelah data berhasil dikumpulkan, selanjutnya dilakukan analisis data. Tentukan juga alat statistik yang akan digunakan. Selanjutnya dijelaskan metodenya dan dibahas serta dilakukan evaluasi.

Itulah langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sebelum seseorang melakukan penelitian survai. Jika sudah memiliki mindset mengenai langkah-langkah penelitian tersebut, maka seorang mahasiswa sudah memiliki gambaran yang jelas dalam menyusun sebuah usulan penelitian survai. Sehingga, nanti tidak ada kebingungan ditengah jalan karena kurangnya persiapan dalam merencanakan sebuah penelitian. Dosen pembimbing yang akan membantu menambah atau mengurangi sesuatu yang kurang. Belajar dari jurnal penelitian sejenis atau penelitian terdahulu akan sangat memberikan nilai tambah yangg positif.

(Oleh: Priyono, S.Pt, M.Si)
23 Agustus 2011

Sumber PIC: http://www.kti-skripsi.net/2009/05/metode-penelitian-kualitatif-ver3c.html

Comments :

0 comments to “Langkah-langkah Awal Penelitian Survai”

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN