Thursday, December 10, 2009

Prospek Usaha Ayam Kampung

Priyono, S.Pt

Alumnus Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Mahasiswa Magister Ilmu Ternak Universitas Diponegoro

Email: priyono.spt@gmail.com


Setiap orang pasti selalu ingin hidup sejahtera dengan penghasilan yang tinggi tiap bulan. Tapi, kenyataan yang kita lihat saat ini menunjukkan bahwa kemiskinan merupakan masalah utama yang belum bisa diatasi dengan tuntas. Hal ini terutama terjadi pada masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Pekerjaan yang tidak menentu serta tidak adanya modal membuat kehidupannya menjadi semakin memprihatinkan.


Kemiskinan akan dapat ditekan jika sebagian besar masyarakat memiliki jiwa wirausaha. Mereka mampu memanfaatkan sumberdaya yang ada menjadi sumber untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Dari dulu sampai sekarang, masyarakat sangat akrab dengan ternak, khususnya ayam buras (ayam kampung). Sesuai dengan namanya, ayam kampung dipelihara seadanya, diumbar disekitar rumah dan diberi pakan seadanya serta dipelihara beberapa ekor sebagai tabungan jika sewaktu-waktu butuh uang.


Pemeliharaan ayam kampung jika dipelihara secara intensif dan serius tentunya akan menghasilkan nilai tambah yang tinggi. Saat ini telah banyak penelitian-penelitian mengenai produksi, nutrisi dan ekonomi ayam kampung yang dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi masyarakat. Disamping itu, ayam kampung merupakan plasma nutfah bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan bahkan dikembangkan.


Beternak ayam kampung secara intensif memiliki prospek yang cerah. Hal tersebut dapat dilihat dari daya beli masyarakat yang lebih tinggi pada daging unggas daripada dengan daging non unggas, Tingkat kesukaan konsumen pada daging ayam kampung lebih tinggi daripada daging unggas lain, tersedianya dukungan sumberdaya pakan lokal, peluang ekspor ternak dan hasil-hasil ternak masih terbuka luas, terdapat hampir diseluruh wilayah Indonesia dan ayam kampung memiliki ketahanan terhadap penyakit.


Salah satu kendala yang mungkin dihadapai adalah isu flu dan ancaman burung, tapi hal ini sudah dapat diatasi dengan sosialisasi flu burung, penerapan kebersihan dan biosekuritas yang baik. Strategi yang dapat diterapkan untuk memanfaatkan prospek ayam kampung yaitu dibangun sentra-sentra peternakan ayam kampung, penggalian potensi pakan lokal yang ada dan perlu ada kerjasama pemerintah baik pusat dan daerah dengan perguruan tinggi untuk mengembangkan usaha ayam kampung secara intensif. Jika kita sesegera mungkin menerapkan strategi ini, maka kemiskinan akan semakin cepat untuk ditekan.

Comments :

5 comments to “Prospek Usaha Ayam Kampung”

arip_perbawa said...
on 

wah..neneran itu pak????

ILMU PETERNAKAN said...
on 

Iya, jika menggunakan perencanaan yang baik dan tepat serta didukung kemampuan memasarkan, pasti akan berhasil...

prospek usaha mandiri said...
on 

Wah saya pernah pelihara ayam kampung, tapi banyak yang mati kena penyakit.

MERAH DELIMA said...
on 

Salut Priyo.....kita sama2 Alumni UNDIP. Semoga jaya usaha wirausaha masyarakat Indonesia, daripada di iming - iming jadi TKW / TKI yang terjadi adalah perbudakan modern yang tidak sesuai dengan cita - cita luhur bangsa Indonesia yang anti perbudakan dan human / woman trafficking. Semoga pencerahan Bapak menggugah " PANDANGAN RAKYAT DI DESA " untuk TIDAK LAGI JADI TKW .....

ILMU PETERNAKAN said...
on 

@Prospek Usaha Mandiri: Untuk ayam kampung,bapak perlu memperhatikan dari lingkungan bapak,managemen pemeliharaan, dan pakan juga harus diperhatikan. hal penting lainnya yaitu penerapan biosecuritynya. semoga bermanfaat
@Merah delima: iya bu merah delima... kayaknya ibu sangat berbakat jadi diplomat ya bu,he...

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN