Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

Tuesday, October 13, 2009

Meningkatkan Peran Kelompok Tani Ternak Sapi Potong di Wilayah Perdesaan

Priyono, S.Pt

Alumnus Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Mahasiswa Magister Ilmu Ternak Universitas Diponegoro

Email: priyono.spt@gmail.com

Ternak sapi potong sampai saat ini merupkan pilihan favorit masyarakat di wilayah perdesaan. Selain didukung dengan ketersediaan pakan berupa hijauan yang melimpah, jaminan pasarnya juga sangat mendukung untuk terus dilakukan pengembangan populasinya. Saat ini, usaha ternak sapi potong di wilayah perdesaan sebagian besar dikuasai oleh peternakan rakyat dengan cirri khas adanya pembentukan kelompok dalam membantu aktivitas kegiatan usahanya.

Keberadaan kelompok memiliki arti besar bagi peternak sapi potong di wilayah perdesaan. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan peternak yang menempatkan interaksi sebagai faktor utama dalam kehidupan bermasyarakat. Keberadaan kelompok mampu mengeratkan interaksi antar peternak, baik intern kelompok maupun ekstern kelompok.

Kelompok merupakan wahana belajar dalam setiap aktivitas kegiatan guna mencapai tujuan. Setiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua kelompok yang selanjutnya akan membentuk susunan kepengurusan kelompok. Setiap kegiatan kelompok mendapatkan control dari pemerintah, yakni dengan diterjunkannya penyuluh pertanian dan penyuluh peternakan untuk menyampaikan program-program yang direncanakan oleh pemerintah dalam merencanakan program swasembada daging.

Pada umumnya setiap kelompok tani ternak sapi potong di wilayah perdesaan mengadakan pertemuan setiap 35 hari sekali atau di daerah Jawa dikenal dengan salapanan. Masyarakat setempat sangat menyadari arti pentingnya pertemuan kelompok, mereka dapat saling berdiskusi dan mengemukakan pengalaman, keluhan serta segala hal dalam kegiatan kelompok.

Mengingat dan menyadari akan pentingnya peran kelompok dalam kelangsungan kegiatan usaha ternak sapi potong, maka pembinaan kelompok harus selalu diterapkan dengan baik. Pemerintah, petani, peternak dan masyarakat saling bekerja sama dalam meningkatkan peran kelompok tani ternak sapi potong dalam mendukung program swasembada daging. Bentuk kerja sama ini diwujudkan dalam pembentukan dan penguatan kelompok, lomba-lomba kelompok teladan dan penilaian kriteria kelompok serta aplikasi nilai kelompok dalam kehidupan bermasyarakat. Kini saatnya mendukung program swasembada daging melalui peningkatan peran kelompok tani ternak sapi potong mulai dari wilayah perdesaan.

Comments :

0 comments to “Meningkatkan Peran Kelompok Tani Ternak Sapi Potong di Wilayah Perdesaan”

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN