Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

Sunday, October 18, 2009

Kesiapan Lulusan Peternakan dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja


Priyono, S.Pt

Alumnus Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Mahasiswa Magister Ilmu Ternak Universitas Diponegoro

Email: priyono.spt@gmail.com


Semua orang pasti menginginkan kesuksesan dan kesejahteraan dalam mengarungi hidup di dunia. Akan tetapi pada pelaksanaannya selalu dihadapkan pada berbagai kendala yang mau tidak mau harus dihadapi. Sumberdaya manusia yang berkualitaslah yang menganggap kendala itu merupakan tantangan. Pada kesempatan ini, penulis akan mencoba sharing mengenai alumnus peternakan. Maksudnya adalah orang yang telah menempuh pendidikan formal di bidang peternakan khususnya dalam lingkup pendidikan tinggi. Penulis sendiri merupakan alumnus dari peternakan.


Jika kita mengamati universitas maupun pendidikan tinggi di sekitar kita baik PTN maupun PTS, tidak semuanya menyediakan ruang untuk menimba ilmu di bidang peternakan. Kita dapat menghitung berbagai PTN atau PTS yang didalamnya ada Fakultas atau jurusan ilmu peternakan. Kita sebaiknya banyak mengucapkan terima kasih dan syukur kepada Tuhan, karena bidang peternakan yang identik dengan kerja lapangan masih diminati oleh masyarakat, khususnya para mahasiswa yang benar-benar ingin menimba ilmu di bidang peternakan.


Bidang peternakan setelah dikaji mendalam, ternyata banyak peluang untuk menjadi orang yang sukses dengan penghasilan yang tinggi. Sekarang coba kita lihat di pasaran, apa ada produk peternakan yang memiliki harga murah. Tentu tidak, semua produk peternakan memiliki harga yang stabil dan konsumen produk peternakan tidak akan habis, karena produk peternakan merupakan sumber protein hewani bagi manusia. Hal ini merupakan gambaran kecil dari prospek bidang peternakan dilingkungan masyarakat.


Seorang siswa SMA atau SMK yang sudah lulus dan memilih jurusan peternakan pada pendidikan tinggi, sudah mengambil langkah yang tepat, karena bidang peternakan memiliki peluang dunia kerja yang tinggi. Kemudian yang muncul dalam benak kita, kenapa harus mengambil jurusan peternakan. Pertanyaan yang bagus, dengan memasuki jurusan peternakan pertama kita mendapatkan peluang untuk terjun di dunia kerja menjadi praktisi di bidang peternakan, bekerja pada instansi pemerintah, bekerja pada perusahaan swasta maupun berwirausaha mandiri.


Sesuai dengan topik yang diangkat pada kesempatan ini, maka penulis akan coba mengkaji mengenai sudah siapkan alumnus peternakan kita dalam menghadapi pasar dunia kerja. Saat ini dunia kerja membutuhkan lulusan peternakan yang memiliki kemampuan dan skill dibidang peternakan yang baik, kemampuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, memiliki kepribadian yang baik, disiplin, bertanggung jawab dan jujur.


Penulis pernah berdiskusi dengan manajer perusahaan peternakan dan menyimpulkan bahwa lulusan sekarang sebagian kurang sesuai dengan permintaan dunia kerja. Apa penyebabnya, ternyata hal itu disebabkan karena lulusan peternakan hanya menguasai pada bidang tertentu saja, sedangkan perusahaan membutuhkan lulusan yang kompeten menguasai bidang peternakan secara komphrehensif. Lulusan peternakan yang mendapat gelar Sarjana Peternakan diharapkan dapat menguasai semua bidang ilmu peternakan. Contohnya, seorang lulusan peternakan yang program studinya produksi ternak, diharapkan juga mampu mengetahui bidang pakan yang notabene merupakan ikon dari program studi nutrisi dan makanan ternak.


Dalam PTN dan PTS kita sering menjumpai program studi yang memang intens mempelajari bidang produksi ternak, nutrisi dan makanan ternak, sosial dan ekonomi peternakan serta teknologi hasil ternak. Disatu sisi tuntutan dunia kerja yang mengharapkan seorang lulusan peternakan menguasai semua bidang peternakan dan di satu sisi ilmu peternakan cukup luas, sehingga jika akan mendalami semua membutuhkan waktu yang lama. Sebagai bahan pertimbangan, ada juga perusahaan yang membutuhkan lulusan yang benar-benar menguasai secara mendalam pada bidang tertentu dan tidak harus menguasai semua bidang.


Demikianlah potret dari tuntutan dunia kerja dan kesiapan seorang lulusan peternakan sebelum terjun ke dunia kerja. Saat ini pembaca yang menilai, sebaiknya arah pendidikan peternakan di Indonesia di bawa kearah mana dalam menghadapi semakin kerasnya persaingan dunia kerja. Silahkan pembaca yang mempunyai solusi dapat menuliskan komentar dibagian bawah tulisan ini.(Gambar dikutip dari www.coretanpinggir.com)

Comments :

3 comments to “Kesiapan Lulusan Peternakan dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja”

Paingat P. Sipayung said...
on 

melihat dari kondisi peternakan Indonesia saat ini, belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk peternakan

oleh sebab itu, peran mahasiswa (sarjana peternakan) sangat diperlukan sehingga peternakan semakin maju...

oleh sebab itu peluang kerja untuk sarjana peternakan masih sangat terbuka lebar...

jadi sarjana peternakan yang pintar dan telah dibekali saat di perkuliahan pasti dengan mudah akan mendapatkan pekerjaan di bidang peternakan maupun tidak dengan mudah

sehingga tingkat pengangguran dapat dikurangi


trimakasih

ayulestari said...
on 

Lulusan Peternakan harus dapat memiliki tidak hanya hard skill namun juga soft skill. Karena peternakan merupakan bidang yang sangat menjanjikan dari segi finansial.

mohamad wildan said...
on 

lulusan peternakan harus memiliki softkill, selaim itu jejaring harus kita bentu mulai sekrang.
jangan beroreantasi pda kerja saja tapi cobalah untuk menciptakan lapangn kerja. banyak loh... dari peternakan yang bisa di jadikan peluang usaha...

salam sukses... ahoyyyy

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN