Tuesday, May 19, 2009

PERENCANAAN PETERNAKAN SAPI PERAH

Oleh:

Priyono, S.Pt

Alumnus Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Mahasiswa Magister Ilmu Ternak Universitas Diponegoro


Susu merupakan bahan makanan asal ternak yang memiliki kandungan gizi tinggi. Hal ini mengakibatkan permintaan akan susu meningkat seiring dengan semakin bertambahnya populasi manusia setiap tahunnya. Saat ini sebagian besar susu di Indonesia masih harus diimpor (sekitar 70 %), sedangkan 30%nya di pasok dari produksi susu domestic yang sebagian besar dihasilkan oleh peternakan sapi perah rakyat. Selain itu, susu yang dihasilkan oleh peternak sapi perah Indonesia banyak yang tidak memenuhi standar IPS, sehingga banyak susu yang ditolak pabrik pengolahan susu. Tidak ada langkah lain selain membuang susu, dan hal ini tentu akan merugikan peternak Indonesia.

Sebagai generasi bangsa, setiap masyarakat Indonesia dituntut peran sertanya dalam pembangunan. Salah satu aspek penting dan vital bagi rakyat Indonesia adalah bidang pertanian, karena sebagian besar masyarakat Indonesia bergerak dalam sector pertanian, termasuk didalamnya subsector peternakan. Langkah yang dapat dilakukan untuk mencukupi kebutuhan konsumsi susu masyarakat Indonesia adalah dengan banyak masyarakat yang membudidayakan peternakan sapi perah. Supaya peternakan sapi perah berjalan sesuai dengan tujuan yaitu memberikan produksi susu yang tinggi dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, maka diperlukan perencanaan yang matang sebelum memulai membudidayakan peternakan sapi perah.

Suatu usaha yang didasarkan pada rencana sebelumnya, hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan usaha yang dilakukan tanpa ada rencana sebelumnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan sapi perah adalah sebagai berikut:

  1. Merintis Usaha

Sebelum memulai usaha kita harus menentukan titik awal atau latar belakang kita berusaha, apakah usaha kita merupakan pendirian usaha atau pengembangan usaha. Jika pendirian usaha, maka perencanaan akan dimulai dari awal, sedangkan jika pengembangan usaha, maka perencanaan usahanya merupakan perencanaan lanjutan. Persiapan dalam merintis usaha yaitu harus memperhatikan:

  1. Aspek Umum yang umumnya terdiri dari social, budaya, tanggapan masyarakat, dukungan pemerintah, dan lain-lain,

  2. Aspek Ekonomi, yaitu berkaitan dengan analisis usaha yang nantinya apakah usahanya akan menguntungkan atau sebaliknya memperoleh kerugian. Sehingga aspek ekonomi ini merupakan aspek yang vital dalam perencanaan usaha peternakan sapi perah,

  3. Aspek Teknis Operasional yaitu aspek yang terkait dengan teknis dan lingkungan. Tanpa adanya aspek ini, maka produksi tidak dapat dihasilkan. Untuk memperoleh usaha yang menguntungkan, maka harus dimulai dari aspek teknis yang baik dan berkualitas.

  1. Rencana Kerja Usaha

Rencana kerja disusun setelah ada ide merintis usaha. Tahap ini merupakan tahap yang menentukan dalam awal usaha yang dilakukan. Rencana kerja dapat dibagi kedalam lima bagian, yaitu:

  1. Maksud dan tujuan usaha

Usaha peternakan sapi perah dijalankan sebagai usaha produksi susu saja atau ditambah dengan usaha pembibitan sapi perah. Kejelasan maksud dan tujuan akan memudahkan dalam kelanjutan usaha kedepannya.

  1. Ternak yang akan diusahakan

Ternak yang diusahakan akan menggunakan jenis ternak tertentu, kemudian jenis kelamin tertentu dan harus dipastikan jumlah awal ternaknya berapa banyak atau jika pengembangan maka penambahan ternaknya harus diperhatikan berapa banyak.

  1. Kandang dan Gudang

Hal ini disesuaikan dengan rintisan usaha, apakah akan membuat bangunan awal atau membuat bangunan tambahan.

  1. Pakan

Pakannya harus dipantau ketersediaannya, sehingga terjadi kontinyuitas penyediaan pakan. Maka ternak dapat tercukupi kebutuhan pakannya baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

  1. Pasar

Usaha ternaknya harus mempunyai pasar yang baik. Jika pasarnya kurang baik, meskipun produksinya tinggi dan baik maka susu atau pedet tidak dapat dijual dan hal ini akan menyebabkan kerugian pada usaha peternakan sapi perah.

  1. Rencana Penggunaan Modal

Rencana penggunaan modal juga merupakan aspek yang memiliki peran vital dalam usaha, karena tanpa modal usaha hanya akan menjadi rencana saja dan tidak adapat diaplikasikan. Modal usaha yang harus dikeluarkan dalam menyusun rencana usaha peternakan sapi perah yaitu:

  1. Investasi

  • Kandang

  • Gudang

  • Perumahan

  • Peralatan pemerahan

  • Peralatan teknis pemeliharaan

  1. Biaya Tetap

  • Sapi betina (Laktasi dan kering kandang)

  • Sapi jantan

  • Pedet betina

  • Pedet jantan

  1. Biaya Operasional

  • Pakan (Hijauan dan konsentrat)

  • Gaji karyawan

  • Obat-obatan

  • Penyusutan bangunan dan peralatan

  • Listrik

  • Penyusutan kematian ternak (sekitar 4-5 %)

  • Pajak

  • Biaya lain-lain.

  1. Perkembangbiakan ideal sapi perah

Sebelum memulai usaha, peternak atau pengusaha harus mengetahui perkembangbiakan sapi perah. Beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Lama kebuntingan 9 bulan

  • Masa kering kandang 2 bulan

  • Siklus birahi 21 hari

  • Lama birahi 2 sampai 3 hari

  • Umur afkir induk atau pejantan 8 sampai 9 tahun

  • Pedet betina diberikan susu sampai umur 4 bulan

  • Pedet jantan diberikan susu sampai umur 2 bulan

  • Pedet jantan dapat dijual setelah umur 1,5 sampai 2 bulan

Langkah yang perlu dilakukan setelah usaha peternakan sapi perah berjalan adalah dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana target yang direncanakan tercapai. Sehingga dapat mengambil langkah preventif sebaliknya pengembangan pada usaha peternakan sapi perah. Hal ini tentu akan membantu mengurangi ketergantungan bangsa Indonesia akan impor susu. Siapa lagi yang akan membangun Indonesia jika bukan para penerus dan generasi bangsa.

Dari berbagai sumber.

Semarang,

Selasa, 12 Mei 2009

Pukul 07.33


Comments :

8 comments to “PERENCANAAN PETERNAKAN SAPI PERAH”

Mitra Satwa Mandiri said...
on 

Kami menjual Obat-obatan hewan ternak dan hewan kesayangan dari
berbagai produsen obat dan importir. Melayani grosir dan eceran untuk
wilayah Banyumas, Cilacap, Brebes dan Tegal. HARGA TERJANGKAU!
Kontak kami: 085221481571.
Obat Scabies (budug, gudig), Vitamin, Perangsang napsu makan,
Penggemuk dan pakan tambahan. Juga menyediakan bahan untuk fermentasi
pakan ternak.

Mitra Satwa Mandiri
MITRA PETERNAK DAN PEDAGANG HEWAN!! Kontak kami: 085221481571
- Obat scabies (gudig,budug) eceran mulai Rp.4000 -an
- Mineral biasa dan premix (sapi, kambing, babi) mulai Rp 5000-an/kg
- Vitamin B12 mulai Rp. 14.000 -an. Vitamin B-Complex mulai Rp 5.600-an

Juga tersedia BERBAGAI OBAT HERBAL PERANGSANG NAPSU MAKAN dan OBAT PENGGEMUK.
HARGA SANGAT TERJANGKAU!!

putri said...
on 

Apa saja macem konsentrat yang baik agar produksi susu meningkat dan kualitas baik?
visit akhmad06.student.ipb.ac.id

ILMU PETERNAKAN said...
on 

@Mitra Satwa Mandiri: Terimakasih atas informasinya, semoga bermanfaat juga untuk yang lain...

@Putri: Macam konsentrat yang baik disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi untuk hidup pokok dan untuk produksi. Yang harus diperhatikan menggunakan bahan sumber energi dan sumber protein. serta ditambahkan mineral. Kemudian susun ransum konsentrat sesuai dengan kebutuhan ternak sapi perah. terimakasih,semoga bermanfaat...

Penjualan Alat Ternak Vetrinary said...
on 

Bagi temen-temen butuh alat ternak murah kwalitas bagus seperti ear tag, tattoing, mini guns, container berbagi merek, milk can dll, ataupun rekan-rekan dokter hewan butuh alat kedokteran hubungi drh budi prabowo 03171870313

Amal Shaleh said...
on 

Saya berencana untuk memulai bisnis sapi perah dengan mekanisme bagi hasil bersama petani.
Apabila berkenan, mohon diberikan gambaran rencana bisnis sapi perah ke alamat email g4refiadi@gmail.com

Terima kasih

Amal Shaleh said...
on 

Saya berencana untuk memulai bisnis sapi perah dengan mekanisme bagi hasil bersama petani.
Apabila berkenan, mohon diberikan gambaran rencana bisnis sapi perah ke alamat email g4refiadi@gmail.com

Terima kasih

Emli said...
on 

Kami menawarkan Ampas Gandum untuk pakan ternak yang berasal dari proses pembuatan minuman yg sangat baik bagi pertumbuhan pada hewan sapi,kambing maupun bebek karena masih terdapat kandungan protein yg cukup banyak (+/- 16% )dengan harga Rp 600/kg. kami dapat dihubungi di
081387126558 atau email: emli_yatim@yahoo.co.id

Jess said...
on 

Salam kenal para peternak sapi..

Kami menyediakan bahan baku pakan ternak berupa DDGS.
Cocok utk sapi perah dan sapi potong.
Bisa menambah jumlah produksi susu dan meningkatkan kualitas susu sapi.

Barang ready dan harga menarik.

Utk info lebih lanjut bs hub saya di no 0811 823356 atau email ke jacinda_neysa22@hotmail.com

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN