Saturday, February 28, 2009

Mudahnya Analisis Data Penelitian Menggunakan Korelasi Rank Spearman

Priyono, S.Pt

Mahasiswa Magister Ilmu Ternak Undip 2008/2009

Saya ucapkan selamat kepada anda yang sampai saat ini didera dengan kesibukan tugas-tugas dari dosen anda. Apalagi bagi anda yang sudah menginjak tugas akhir di perguruan tinggi. Untuk memperoleh gelar sarjana, anda harus melakukan sebuah penelitian dan hasilnya dituangkan dalam laporan yang dinamakan skripsi.

Skripsi merupakan laporan ilmiah. Tentunya komponen-komponen yang ada didalamnya juga tidak sembarangan, jadi harus merujuk pada prosedur penelitian ilmiah. Salah satu komponen yang penting dan menentukan keberhasilan dari laporan penelitian seperti skripsi yaitu analisis data penelitian. Karena hasil penelitian tidak bermakna dan tidak dapat dibahas jika belum dilakukan analisis terhadap data yang kita peroleh selama penelitian.

Bagi anda yang menggeluti ilmu dibidang ekonomi, ilmu sosial dan politik, peternakan, pertanian dan mungkin beberapa bidang ilmu lain tentu tidak asing dengan penelitian survey. Penelitian survey yaitu metode pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, menggunakan bantuan pertanyaan dalam kuesioner atau kombinasi dari ketiganya.

Mungkin anda bertanya, apa sih analisis dengan rank spearman?. Korelasi rank spearman merupakan alat analisis yang digunakan untuk menguji signifikansi hipotesis asosiatif bila masing-masing variabel yang dihubungkan berbentuk ordinal dan sumber data antar variabel tidak harus sama (Sugiyono, 2003). Variabel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Jika pada masing-masing variabel atau pada salah satu variabel skala datanya berbentuk ordinal, maka analisis datanya harus menggunakan analisis korelasi rank spearman. Skala data ordinal yaitu datanya bukan dalam bentuk angka, sehingga harus dibuat skor, berbentuk ranking, dan umumnya menggunakan skala likert 1-5. Jadi, analisis korelasi rank spearman digunakan untuk menganalisis hubungan antara 2 variabel atau lebih dengan skala data berbentuk ordinal.

Cara analisisnya yaitu pertama lakukanlah entry data ke data editor SPSS. Kemudian analyze>correlate>bivariate>centang Spearman>Ok. Setelah keluar output dibaca hasilnya dengan menitikberatkan pada apakah hubungan kedua variabel tersebut nyata atau tidak nyata, erat atau tidak erat dan positif atau negatif. Selamat Mencoba…!!!.

Comments :

0 comments to “Mudahnya Analisis Data Penelitian Menggunakan Korelasi Rank Spearman”

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN