Mesin Pencari Ilmu Peternakan Dot Com

Loading...

Friday, November 6, 2009

Waspada Terhadap Pemalsuan Susu

Priyono, S.Pt

Alumnus Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman

Mahasiswa Magister Ilmu Ternak Universitas Diponegoro

Email: priyono.spt@gmail.com

Dunia kita memang sangat kompleks, dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan di segala bidang sisi kehidupan. Entah itu dari bidang teknologi, pekerjaan, gaya hidup, pendidikan maupun pola hidup. Setiap orang selalu berlomba pada setiap aspek kehidupan yang digelutinya untuk mendapatkan yang terbaik baik pangkat, uang, hasil kerja dan keluarga. Hal ini tentu tidak salah, sebab semua orang pasti menginginkan kualitas kehidupannya di dunia ini dapat bahagia, tercukupi kebutuhan sandang, pangan dan papan serta tercukupi semua kebutuhan lahir dan batin.


Terkadang kita dihadapkan pada keadaan yang membuat kita terhentak mengelus dada. Kenapa, ya memang kita kadang menjumpai ada sebagian orang yang menggunakan cara yang tidak semestinya untuk memperoleh keuntungan setinggi-tingginya tanpa memperhatikan keselamatan konsumen. Salah satu contoh yang kadang menimpa pada dunia peternakan yang sangat kita cintai ini adalah adanya pemalsuan susu. Wah, apa yang akan terjadi dengan masa depan bangsa kita jika generasi penerus kita selalu dijejali dengan susu yang tidak sehat akibat adanya pemalsuan susu. Anda dapat mengetahui jawabannya bukan?.


Terus, apa yang harus kita lakukan untuk menghindari dan mencegah adanya pemalsuan susu. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengenali perbedaan susu yang sehat dengan susu yang dipalsukan. Hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui masyarakat, karena konsumen dapat menilai sendiri sebelum membeli susu. Apakah susu yang akan dibelinya merupakan susu yang sehat atau susu yang tidak sehat.


Memeriksa kualitas susu terhadap dugaan pemalsuan bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena susu dari kandang setiap hari kadang berubah-ubah disebabkan karena kemungkinan adanya pencampuran susu dari jenis sapi yang berbeda, kemudian jenis dan jumlah pakan serta imbangan pakan yang diberikan pada ternak penghasil susu juga mempengaruhi susu. Tapi jangan khawatir, karena susu yang sehat dapat kita identifikasi.


Bagaimana cara mengidentifikasi susu untuk membedakan susu yang sehat dengan susu yang tidak sehat, susu yang memiliki berat jenis (BJ) rendah harus diawasi, BJ susu sebaiknya tidak kurang dari 1,028. Menilai berdasarkan BJ ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pemalsuan susu dengan penambahan air atau tidak. Jika terjadi pemalsuan dengan air, penambahan air yang jumlah sedikit pada susu mungkin tidak menimbulkan perbedaan yang mencolok pada susu, akan tetapi pada penambahan air dalam jumlah banyak pada susu akan menyebabkan susu menjadi encer dan berwarna agak kebiru-biruan.


Selain pemalsuan susu dengan air, kita juga patut waspada dengan adanya pemalsuan dengan pengurangan krim. Pemalsuan dengan cara ini dapat menyebabkan penurunan kadar lemak. Bagi anda yang suka minum air kelapa, mungkin akan kaget jika air kelapa yang menjadi kegemaran anda ternyata dapat juga digunakan untuk memalsukan susu, jadi kita harus waspada terhadap adanya hal ini. Tapi efek samping ini dapat menimbulkan susu berbau kelapa, tentu hal ini menjadi mencurigakan bagi konsumen dan hal ini agak jarang dilakukan oleh pemalsu susu.


Selain pemalsuan susu dari beberapa hal tersebut diatas, pemalsuan dengan santan juga kerap dilakukan. Akibat yang dapat ditimbulkan dengan adanya pemalsuan dengan santan yaitu kadar lemak dan kadar gula menjadi naik, kemudian daya pisah krim menjadi lambat. Pemalsuan dengan air beras dan tepung juga kerap dilakukan oleh pemalsu susu. Pemalsuan dengan air beras dapat kita amati menggunakan mikroskop maupun secara kimiawi. Pemalsuan dengan tepung umumnya dilakukan dengan penambahan air yang diberi tepung segar untuk menjaga BJ susu tetap tinggi.


Akibat pemalsuan susu ini bukan saja menimbulkan masalah kesehatan dikemudian hari jika dikonsumsi secara terus menerus, tetapi konsumen juga dirugikan. Konsumen membeli susu dengan harga mahal, akan tetapi kualitas susunya tidak baik. Masa depan generasi penerus kita ditentukan oleh tindakan kita saat ini. Susu yang sehat akan lebih baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Semoga bermanfaat.

Comments :

3 comments to “Waspada Terhadap Pemalsuan Susu”

anyundalovepoem said...
on 

untungnya saya g terlalu suka susu .. hehhehehhe

Animal Science Corner said...
on 

Tapi mba anyunda waktu kecil minum susu kan?,he...

eL-Nino said...
on 

minta review penambahantepung pada susu ya??

Cari Artikel Lain, Ketik Kata Kuncinya disini

ILMU PETERNAKAN

Top Post

YM Online

Join Us

Share It...,,

Share |

Send Us Your Feedback


"Dari berbagai sumber" atau "Pustaka" pada beberapa tulisan di Situs ini yang mengutip dari sumber lain dicantumkan nama pengarang dan tahunnya (didalam naskah tulisan), sedangkan yang tidak dicantumkan merupakan pengalaman dan pengetahuan dari penulis. Bagi anda yang akan memberikan kritik dan saran dapat menghubungi saya lewat alamat email: priyono.spt@gmail.com
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)

Donate your Article


"Situs ILMU PETERNAKAN merupakan pusatnya dunia peternakan. Bagi siapa saja yang peduli akan potensi peternakan. diharapkan dapat menyumbangkan artikel, jurnal, atau lainnya untuk dapat dipublikasikan di situs ini lewat Email: priyono.spt@gmail.com. Jangan lupa disertakan CV singkat anda. Terimakasih."
(ILMU PETERNAKAN Site Admin)
 

Copyright © 2009 by ILMU PETERNAKAN